Sup Bawang Crouton

Suka nyoba resep masakan dimulai saat ngamrik. Setahun jauh dari rumah memaksa diri membuka buku resep dan mencoba meracik masakan. Teman seapartemen ternyata menyukai rasa masakan Asia. Kemungkinan mereka ngambil keuntungan dari kemalasan mereka memasak haha gakpapa, barter lah sama kemalasan ku nyupir. Dan kebiasaan itu kebawa sampai balik ke Bogor kemudian dan kemudian lagi saat GO EAST ke Prambanan.

Tidak menjadikan ku tukang masak. Tapi mempertemukan ku dengan beberapa orang yg lahir dengan tangan ajaib menciptakan bahkan sayur asem yg rasanya dia banget. Atau perempuan muda yg pesanan kue batik bolu kukusnya mencapai ratusan tapi menghentikan hobi bisnisnya karena sibuk dengan mendahulukan hobi bisnis keluarganya (cantiknya pengorbanan kompromi perempuan).

Kompor panggang idaman belum dimiliki, gakpapa … pake oven seng biasa aja bisa kok berproduksi.

¬†besok nyoba ini ah …

– 200 gram Roti tawar kupas ( putih )
– 2 siung Bawang putih memarkan
– 2 butir Telur ayam, kocok
– 3 sendok makan Minyak zaitun / Olive oil
– 1 sdt Paprika bubuk (ini apa sih sumbangannya terhadap sup. bisakah digantikan dengan serbuk masakan lainnya. sementara belum tahu bagaimana memproduksi bubuk paprika 24/4/17)
– Garam, secukupnya
– 500 ml Air
Cara membuat:
1. Rebus air hingga mendidih, tambahkan sedikit garam.
2. Tambahkan bawang putih, paprika bubuk, roti tawar dan telur kocok.
3. Rebus dan masak selama 5 menit. Angkat.
4. Campur adonan sup dan olive oil, haluskan dengan blender hingga rata. Sajikan hangat.
Tips Membuat Croton :
Sup ini dapat anda sajikan dengan Croton, yakni roti tawar yang dipotong kecil-kecil lalu dipanggang dalam oven bersuhu 100 derajat celcius selama 15 menit ( crouton ). Croton akan lebih gurih bila sebelum dipanggang diberi siraman mentega cair dan cincangan bawang putih goreng.
Aneka sup berbahan dasar sayuran atau roti, blender, sajikan hangat. Prinsipnya begitu. Crouton tuh ibarat kerupuknya bulek lah.
Posted by Picasa