A Man Do What They Have To Do

man

Dia seorang nahkoda kapal kayu penyebrangan Pulau Wangi-wangi ke Pulau Kapota, di Kecamatan Wangi-wangi, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Mengoperasikan sendiri sebuah kapal kayu berukuran sedang (muatan sekitar 20-30 orang). Siang ini, beberapa orang penumpangnya akan pergi ke Malaysia menggunakan kapal kayu besar. Transaksi perpindahan penumpang akan dilakukan di tengah laut. Caranya? Baca postingan lain.

Butuh waktu 45 menit sampai 1 jam untuk menyeberang ke Pulau Kapota. Desa Kapota dan Desa Kabita terletak di Pulau Kapota.

Desa-desa pinggiran Taman Nasional Laut Wakatobi ini merupakan Daerah Perlindungan Laut (DPL). Taman Nasional Wakatobi terdiri dari empat pulau besar, yaitu: Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko dimana populasi penduduk di pulau-pulau ini terus bertambah. Konsep DPL adalah salah satu program pemerintah untuk mengajak masyarakat menjaga karang laut.

kapota

Taman Nasional Wakatobi merupakan salah satu dari 50 taman nasoinal di Indonesia yg ditetapkan tahun 1996, dengan total area 1,39 juta ha. IUCN mengkategorikan tingginya keanekaragaman hayati laut ke dalam Kategori II. Kementrian Kehutanan menempatkan status prioritas tertinggi konservasi laut di Indonesia. Wakatobi memiliki 750 dari 850 spesies koral, jenis karang yang beragam serta makhluk laut yang sudah sulit ditemukan di daerah lain. Kedalaman air di taman nasional ini bervariasi, bagian terdalam mencapai 1.044 meter di bawah permukaan air laut.

Jika pemerintah gagal menterjemahkan apa pengertian konservasi karang laut ke dalam kehidupan keseharian masyarakat di 4 pulau utama dan banyak lagi pulau-pulau kecil lainnya, maka keberadaan TN Wakatobi ini hanya akan terlihat bagus di atas kertas. Karena seorang anak manusia akan melakukan apa yg menurutnya harus dia lakukan, untuk bertahan hidup. Konsep-konsep pembangunan dan konservasi lingkungan harus menemukan cara adaptasinya sendiri atau pendampingan tiada henti. Atau akan berhenti sebatas proyek dan mangkrak begitu saja. Seperti yg bisa ditemukan di beberapa kasus (kalau gak mau dibilang banyak). huihhh…