Duren Klaten di Concod Jogyes

Seorang guru besar mengatakan kekayaan genetik durian terbesar ada di Pulau Kalimantan. Setidaknya terdapat lebih dari 21 jenis spesies durian yg berbeda di Borneo. Dan beliau terus menceritakan kehebatan ekpedisi yg dia lakukan dan paper ilmiah yg kemudian berhasil dia publikasikan kepada dunia. Kami semua terperangah kagum. Titik. Tidak ada penjelasan lanjutan, atau ajakan kritis bin nakal menggelitik agar kami dapat ikut serta melestarikan kekayaan itu. Jangan terjadi kepada anda para dosen muda.

 

image
Menikmati musim durian di Concad Jogyes tuh asik. Beli dari seorang ibu penjual buah yg mangkal di pinggir Jalan Wijayakusuma 404, dekat Angkringan Martani Concad kami. Harga berkisar antara 25-35rb per butir. Yg ini, pas nya dimakan nanti sore. Kalau dibuka pagi ini, belum terlalu matang. Tapi kami membukanya anyway. Memang belum semuanya empuk. Tapi kalo digigit, di bagian lebih dalam, terasa lembut dan rasa unik durian lokalnya terasa bingittt. Durian cruncy kata Mas Ipul.

Concad adalah singkatan dari Condongcatur, Jogjakarta. Sebuah daerah yg kelewatan ringroad utara dimana beberapa universitas dan sekolah tinggi berlokasi. Banyak kos-kosan. Kantor kecamatannya keren habis. Daerah dimana perkembangan properti paling tinggi di Jogja, katanya.

image
Monggo, pinarang katanya ramah kepada siapapun pengunjung yg mendekat ke lapaknya. Pilihkan duren yg enak mateng siap makan sekarang Bu. Tangannya yg lincah memukul-mukul pisau gemuk melengkung, mencari kesesuaian bunyi atau entah apalah. Kemudian dia akan mendekatkan duren ke hidungnya, mencium bau duren. Begitu seterusnya sampai dia menemukan yg tepat. Kemudian dia buka sedikit di bagian ujung, dan ngasih tunjuk ke si pembeli kondisi durennya. Kalo setuju, ikat dan bayar.

Naik bis dari Klaten katanya penuh semangat. Seorang perempuan yg tidak tergolong muda usia tapi tetap berkarya. Berdagangnya pintar, menjelaskan setiap detil kelebihan duren dan buah-buahan lainnya ke pembeli. Menyapa dan melayani pembeli dengan hangat dan setara. Keahlian memilih duren yg baik seperti keinginan pembeli. Mari berdagang.