Kucing Liar

Ada seorang ibu yg punya taman kucing liar. Dia menampung kucing-kucing untuk dimasukkan ke kandang terbuka di halaman belakang rumahnya. Ada 20an katanya.

image

Kalau anda mulung sampah, kalau saya mulung kucing katanya membuka percakapan. Menarik idenya.

Bahwa kelas menengah memang punya karakter sendiri, unik, mungkin gak masuk di akal. Ngapain coba buang2 duit bikin kandang kucing dari kawat ukuran 4 m x 4 m (nebak), makanan kucing berapa kg per harinya, ada lagi lihat postingan orang hari ini – makanan kucing halal. Seakan mereka kehabisan akal untuk menghabiskan uangnya. Itu dari kacamata orang pesimis dan melihat sinis atas perkembangan yg ada.

Dari kacamata mereka sendiri, pencarian diri kelas menengah adalah satu perjuangan dan dinamika sendiri. Misalnya bagaimana Kartini seperti terlihat dari surat-suratnya dengan teman korespondennya, menunjukkan kegelisahan kelas menengah pada jaman itu. Yg disambut dengan Politik Etis kelompok politik Hindia Belanda, yg salah-satu aktivisnya kemudian menerbitkan kumpulan surat itu berdasarkan seleksiaannya. Dikutip dari bukunya Andi Achdian, the angle of vision.