Kembang Turi Hasil Ngebon di Halaman Martani

Punya hobi berkebun tuh sungguh menyehatkan jiwa dan raga. Saat delikat udah rasa-rasa nyut-nyut, tangan ada ngilu-ngilu, berhenti dulu maen gajet. Coba seharian atau setengah harian atau sepagian maen tanah deh. Berkeringat kena matahari pagi, senang melihat tunas berkembang, apalagi kalau ada yg bisa dipanen walau cuma rumput dan daun hasil pruning. Rasa senang menjalar melihat asa di tunas muda. Melihat output hasil kerja. Menyapa ibu-ibu yang balik dari pasar. Sesekali ngobrol cari update-tan perdukuhan.

Hari ini melayani setidaknya dua orang ibu-ibu yg metik bunga telang tumpuk, ngobrol soal manfaatnya. Dan si bunga telang terus berbunga setiap paginya.

Kapan terakhir kali anda bahagia Kak haha. Jangan bilang saat jalan-jalan ke mall karena yg ada malah tambah kebayang-bayang pengen barang lain yg belum tentu berguna dan dibutuhkan saat ini.

Kembang Turi

img1490143619701

Kembang turi di Warung KaTa Pusur Maret 2017.

 

 

Kembang turi (Sesbania grandiflora) cono tanaman asli Indonesia. Mustinya jadi ikon nasional nih selain bunga melati. Penghijauan di taman kota beuhhh cakep deh walau harus hati-hati karena jenis kayu lunak (mudah patah). Di dekat rumah istrinya Mas Ipul di Kepanjen Malang, sepanjang jalan desa ditanami turi dan sirsak selling-seling. Cakep.

Cakep bunganya. Ada yg jenis putih dan merah. Ada banyak di galengan sawah di daerah Prambanan. Biasa dibuat campuran pecel bunganya (dan polong mudanya hadeuhhh greges banget deh nih manusia segala dimakan). Konon daun dan akarnya punya banyak khasiat. Belum terlalu diulik soal daun dan akar, masih ngantri haha.

Setelah beberapa kali hampir punya pohon turi putih, akhirnya kesampean juga punya pohon turi merah. Sempat beberapa minggu menyaksikan turi warna pink di Warung PSSM Martani Prambanan. Pohonnya terus digali dibawa pindah ke Warung KaTa Polanharjo, tapi kayaknya mencecet malah belum keluar bunganya. Justru pohons yg berjajar di halaman warung depan yg rajin kembangan.

Gampang numbuhin bijinya. Sebar dan pastikan terus lembab selama masa perkecambahan. Masukkan ke polibag (plastik bekas minyak goreng) ukuran sedang agar bibit kelak mudah dipindahkan. Usia tanam dua bulan, bunga pertama sudah nongol. Bahkan tanaman yg di halaman Limasan Martani Tulung Kalasan, sudah keluar bunga pertama di usia tanam satu bulan. Efek pupuk cair fermentasi memang hebat.

Banyak petani menanam kembang turi di galengan sawahnya. Penangkal hama kata seorang petani. Kita pernah lihat ada jajaran pohon turi di tengah sawah di daerah Jongkangan dekat SMP 4 Kalasan, 10-15 pohon mah ada. Tsakepppp dipole berteduh beberapa petani yg sedang matun di sawah. Memang sengaja ditanam agar bisa dipetik bunga dan daunnya. Pakan ternak saat musim kemarau.

Khasiat:

Bunga turi memiliki kandungan nutrisi; karbohidrat, protein, lemak, berbagai jenis mineral (seperti kalium, fosfor, zat besi, serta kalsium), dan juga berbagai jenis vitamin (seperti vitamin B1, B2, B6, C, serta Beta karoten).

Pantes enak dibuat pecel yak. Biar gak pahit, buang bagian putik sari yg berwarna kuning. Tapi khasiatnya berkurang gak yah kalo putiknya dibuang.

  • Air : 91.58 gram
  • Protein : 1.28 gr
  • Lemak : 0.04 gr
  • Karbohidrat : 6.73 gr
  • Kalsium : 18 mg
  • Zat besi : 0.84 gr
  • Magnesium : 12 mg
  • Fosfor : 30 mg
  • Potasium : 184 mg
  • Sodium : 15 mg
  • Selenium :  0.8 µg
  • Vitamin C : 73 mg
  • Thiamin : 0.083 mg
  • Riboflavin : 0.081 mg => sering nongol di sayuran yg berwarna kuat (bener gakkkk mik?)
  • Niacin : 0.430 mg
  • Folate : 102 µg

Batangnya bahan dasar pembuat kertas hmmm baru dengar. Asik juga bisa buat bubur kertas dari nih fast growing. Catet lageee hahaha.

Berikut ini diantara manfaat dan khasiat bunga turi copas dari beberapa link google. Beberapa yg sudah saya rasakan khasiatnya, ta kasih komentar di bagian kanannya. Secara warung pecel yah pengamatannya yo seputaran makanan toh.

  • Memperlancar ASI -> Bagi para wanita yang sedang menyusui sangat dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi bagian bunga maupun daun dari kembang turi sebagai lalapan atau dipergunakan dalam masakan lainnya. Manfaat kembang turi  untuk payudara dipercaya dapat membantu memperlancar ASI serta mengatasi berkurangnya jumlah produksi ASI.
  • Obat pegal linu -> Cara mengatasi rasa kaku yang timbul pada beberapa bagian tubuh adalah dengan mengambil akar kemang turi merah lalu ditumbuk hingga halus. Tambahkan dengan sedikit air. Setelah itu gunakan ramuan tersebut sebagai obat gosok pada bagian tubuh yang terasa sakit.
  • Obat Sariawan -> manfaatkan kulit batang kembang turi yang diremas-remas dalam air sebagai obat kumur. Atau bisa juga kulit batang tersebut direbus terlebih dahulu, lalu hasil rebusannya bisa kita minum.
  • Batuk berdahak ->  menumbuk halus +/- segenggam daun kembang turi merah. Tambahkan perasan jeruk nipis, lalu minum ramuan tersebut. Atau bisa juga dengan menumbuk halus buku-buku jari akar kembang turi lalu ditambahkan ½ cangkir air hangat dan sedikit madu.
  • Sakit Kepala -> menumbuk terlebih dahulu +/- segenggam daun kembang turi, untuk selanjutnya ditambahkan air matang dan disaring.
  • Hidung berlendir (meler)
  • Kuku pada jari tangan bengkak -> cantengan bisa gak yahhhh
  • Sakit tenggorokan, sariawan dll
  • Perut kembung -> Makan pecel bisa membuat kenyang haha iyalah. Membuang gas di perut karena pecel banyak mengandung serat. Bolehlah ini. Terbukti pecel PSSM kita cihuy punya. Banyak orang suka. Apresiasi besar malah dari bulek-bulek yg vegan itu.
  • Untuk menambah tenaga (tonik)
  • Memperlancar gangguan buang air besar/pencernaan (pencahar)
  • Menghaluskan kulit
  • Keputihan ->  daun kembang turi dan kunyit dihaluskan. Campurkan dengan air sebanyak  ¾ cangkir. Setelah tercampur, peras atau saringlah ramuan tersebut. Dan untuk selanjutnya minum ramuan tersebut minimal 2 kali dalam sehari.
  • Memperbesar payudara -> minum rebusan bunga turi secara teratur. Ahhh apa penjelasannya ini. Mungkin tukang jualan obat pembesar payudara ajah???

Catatan Pemakaian

Patut dicoba nih beberapa trik berikut. Eksperimen terus boleh dong. Mumpung turi ada tuh di halaman. Senang juga bisa jadi narsum ibu-ibu di desa. Mereka sering datang nanya-nanya hal yg gimana yah, bukannya konon petani dan nenek moyang kita punya warisan leluhur tinggi soal pengolahan rempah dan tanaman lokal. Agak terputus memang tuh jaman keemasan. Efek politik halahhh.

Akarnya khan jenis yg tunggang (cek lagi). Kalau diambil untuk obat, harus ditebang dong. Atau ada teknik lain cara panen akar tanaman turi. Pernah dengar?

Bagi penderita pegal linu caranya, ambil akar turi ungu (belum lihat euy yg ungu, mau dongggg) atau merah secukupnya kemudian tumbuk halus tambahkan sedikit air lalu usapkan pada bagian yang terasa pegal. Saingan obat gosok nih.

Untuk obat sakit kepala caranya: Ambil daun turi secukupnya atau 1 genggam, 1 siung bawang putih, tujuh biji buah turi (polong) tumbuk halus semua bahan tambahkan sedikit air lalu usapkan pada kening atau leher belakang.

Martani

Siapa butuh biji bunga turi, mari mampir Warung Martani Tulung Kalasan (www.martanipangansehat.blogspot.com). Atau boleh ke Warung KaTa Pusur Polanharjo Klaten (www.warungkatapusur.blogspot.com).

@ritamustikasari