Orang Jawa

Selalu mau tinggal di daerah Jawa, dan itu merujuk ke Kota Jogja. Waktu kecil sering digodain Jawa Kowek karena punya ayah berasal dari Jawa Timur. Umur 40-an baru berani pindah keluar kandang kenyamanan, pindah ke Jawa. Di desa. Gak desa-desa banget juga sih. Ya desa di Jawa lah.

Guyub masih tetap ciri perdesaan. Menemukan banyak hal saat jagain warung pecel. Gak open lagi sama koleksi buku, rak bukunya sempat ditaro di dapur, dipake wadah aneka tepung sama Wiji. Sebelum kemudian dikembalikan fungsinya saat pindah ke Martani Tulung. Terimakasih Tulung.

CyRbfeIUoAMGsKb

Nemu Dasa Pitutur di kicauan seorang kawan. Kalau dibaca diresapi, mengerikan dasyat menjadi manusia seutuhnya. Menjalankannya syusyah tralala. Hidup di desa memudahkan berlatih menjadi manusia jawa daripada hidup di perkotaan. Jiyahhh ini setelah hampir dua tahun hijrah ke Prambanan.

  1. Urip Iku Urup; hidup itu nyala. hidup itu hendaknya memberi manfaat bagi orang lain di sekitar kita. Semakin besar manfaat yg bisa kita berikan tentu akan lebih baik.
  2. Memayu Hayuning Bawono, Ambrasto dur Hangkoro; manusia hidup di dunia harus mengusahakan keselamatan, kebahagiaan dan kesejahteraan. Serta memberantas sifat angkara murka, serakah dan tamak.
  3. Suro Diro Joyo Jayaningrat, Lebur Dening Pangastuti. Segala sifat keras hati, picik, angkara murka, hanya bisa dikalahkan dengan sikap bijak, lembut hati, dan sabar.
  4. Ngluruk Tanpo Bolo, Menang Tanpo Ngasorake, Sekti Tanpo Aji-Aji, Sugih Tanpo Bondho; Berjuang tanpa perlu membawa massa, menang tanpa merendahkan atau mempermalukan, berwibawa tanpa mengandalkan kekuatan, kaya tanpa didasari kebendaan.
  5. Datan Serik Lamun Ketaman, Datan Susah Lamun Kelangan
  6. Ojo Gumunan, Ojo Getunan, Ojo Kagetan, Ojo Aleman
  7. Ojo Ketungkul Marang Kalungguhan, Kadonyan Lan Kemareman
  8. Ojo Kuminter Mundak Keblinger, Ojo Cidra Mundak Cilaka
  9. Ojo Milik Barang Kang Melok, Aja Mangro Mundak Kendo
  10. Ojo Adigang, Adigung, Adiguno

Yang mana fav mu?