Gabung Jadi Warung

mikGabung Jadi Warung. Cakep nih si Mbak Marina ngasih judul. Eye catching deh. Penekanannya pas. Ada tiga orang dengan latar depan dan belakang berbeda yg kemudian berserikat dan berkumpul bersinergi mengoperasikan sebuah warung biru bunga telang di pinggiran Sungai Pusur Klaten.

Apa yg anda lakukan saat baru lulus sarjana. Banyak fresh graduate memilih bergabung di korporat atau mendaftar menjadi pegawai negri di satu lembaga pemerintah atau memilih menjadi pegawai bank dan BUMN. Gak banyak yg memilih buka warung, kembali ke desa, menguji-coba instrumen ekonomi untuk mensejahterakan petani dan artisan lokal, mengamalkan ilmunya dan berkarya untuk orang banyak, bukan hanya untuk sekelompok orang atau pemilik kapital besar.

Paket gaji yg diterima tetap dan asuransi kesehatan adalah sesuatu yg mendasar yg ditawarkan korporat. tawaran untuk melanjutkan sekolah dan meningkatkan kapasitas diri adalah hal lain yg ditawarkan sistem mapan ini. Bayar cicilan rumah, kendaraan adalah hal berikutnya setelah setahun kerja jadi pegawai. Hidup bahagia di kota. Terpusat ke kota. Perubahan dan tantangan hidup ada di kota. Peluang mengembangkan diri.

Gambaran menjadi manusia bebas, mandiri tidak bekerja untuk perusahaan atau pegawai di satu lembaga perbankan, tidak banyak dilirik para sarjana. Ide untuk kembali ke desa tempat asal tanah kelahiran, tertahan karena panggilan wawancara.

Tidak dipungkiri kondisi perdesaan sangat jauh berbeda dengan perkotaan. Infrastruktur di desa beda dengan kota. Setiap desa juga beda. Apalagi membandingkan Desa di jawa dan luar jawa. kalau ada pilihan, kenapa milih jauh dari kota dimana semua hiburan dan gemerlap kota mudah didapat. daripada berkotor tangan nyangkul atau berkawan dengan petani dan anak muda desa.

Sarjana enggan ke desa kenapa? Tapi kenapa ada segelintir orang yg berinisiatif membangun warung di desa. Dan ada juga sarjana baru lulus yg mau gabung di warung Martani.

Apa yg akan didapat . Apa yg dilihat sekelompok orang ini yg tidak dilihat oleh orang kebanyakan. Apa pembelajaran yg kemudian didapat setelah ide warung berjalan hampir 2 tahun ini. Perubahan seperti apa yg ingin dilihat dan mulai bisa teridentifikasi sejauh ini.

Temukan jawabannya di warung kopi haha.

Trailer tayangan Lokalvora malam ini, Jumat 5 Mei 2017, pukul 19.30.

Siaran ulangannya bisa dilihat di YouTube, Lokalvora, Gabung Jadi Warung.

https://www.youtube.com/watch?v=JzlXcWW0cXI